Halaman

Selasa, 15 Maret 2011

Pulau Madura Menjadi Surganya Lelaki” plus 1 info menarik lainnya

Pulau Madura Menjadi Surganya Lelaki” plus 1 info menarik lainnya


Pulau Madura Menjadi Surganya Lelaki

Posted: 15 Mar 2011 03:20 AM PDT

Jamu tradisional Madura yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ramuan ini bermanfaat untuk merapatkan organ kewanitaan, dan dapat menimbulkan denyut-denyut istimewa dari organ intim perempuan. ...

Beras Kencur : Dari <b>Jamu</b> Gendong Hingga Kemasan Instan <b>...</b>

Posted: 14 Mar 2011 04:44 PM PDT

Beras kencur atau dalam bahasa sunda-nya beas cikur banyak dikenal di masyarakat kita sebagai jamu tradisional. Kalau melihat trend perkembangan obat herbal di Indonesia, minuman jamu ini merupakan salah satu warisan obat herbal nenek moyang kita yang terkenal memiliki beraneka ragam resep sebagai upaya pengobatan secara tradisional. Minuman yang dipercaya memiliki bermacam manfaat ini sering dijajakan secara tradisional oleh penjual atau pedagang jamu, seperti jamu gendong ataupun di kedai-kedai jamu.

Dari beragam sumber informasi yang penulis dapatkan terdapat beberapa hal-hal menarik yang sering orang cari mengenai minuman tradisional ini. Mulai dari bahan pembuatan, resep dan cara pembuatan, serta manfaat-manfaat dari beras kencur.
Bahan Pembuatan
bahan beras kencurBahan utama pembuatan minuman ini sebenarnya cukup mudah bisa diketahui dari namanya, yaitu beras dan kencur. Selain kedua bahan utama tersebut ditambahkan pula bahan-bahan lainnya secara variatif dengan rempah-rempah seperti jahe, biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo/kapulaga, buah asam/ asam kawak, kunci, kayu keningar, kunir, jeruk nipis, buah pala, krim, cengkeh, pala, gula Palem , dan jeruk nipis.

Resep dan Cara Pembuatan
Resep dan cara pembuatan beras kencur sebetulnya cukup mudah untuk dipraktekkan oleh kita. Cara pembuatan beras kencur paling tidak ada dua cara tergantung dari tujuannya, sebagai minuman atau untuk pengobatan luar.  Pembuatan beras kencur untuk minuman pada intinya adalah dengan cara menyangan (digoreng tanpa minyak) beras lalu ditumbuk dan kencur yang diiris-iris dan tumbuk juga. Tambahkan air sebagai pelarut pada proses pencampuran kedua bahan ini kemudian dan ditambahkan bahan-bahan lainnya sesuai dengan manfaat yang diinginkan. Air perasan aneka bahan inilah yang menjadi minuman yang dikonsumsi oleh kita.

Jika Anda ingin menjadikannya sebagai obat luar (lulur), pembuatannya agak sedikit berbeda. Beras yang akan digunakan direndam terlebih dahulu (paling tidak 2-3 jam atau kalau menurut orang-orang tua kita semalaman). Lalu kupasan kencur yang dicampur beras hasil rendaman ini dilumatkan dengan cara ditumbuk dan tambahkan garam. Campuran ini lalu dilulurkan pada bagian yang akan diobati.

Manfaat
Aneka manfaat yang dapat diperoleh dari ramuan beras kencur ini antara lain adalah :
- Pegal linu/kelelahan,
- Meningkatkan/menambah nafsu makan,
- Mengurangi rasa sakit atau nyeri,
- Menghilangkan beberapa penyakit batuk,
- Mengobati radang lambung,
- Mengobati sariawan,
- Mengobati keracunan makanan, atau
- Mengatasi perut kembung.

Kemasan Instan
Perkembangan zaman tidak bisa dihindari dan pada beberapa sisi membawa manfaat lebih, termasuk mengenai beras kencur ini. Jika sebelumnya untuk memanfaatkan dan menikmati minuman beras kencur ini Anda harus menunggu mbak-mbak penjual jamu gendong atau datang ke tempat penjual jamu, sekarang ada alternatif pilihan praktis untuk menikmatinya. Di pasaran saat ini telah beredar minuman tradisional berbahan dasar beras kencur ini dalam kemasan instan siap seduh. Salah satu yang cukup populer dan rasanya cocok dengan selera kita adalah beras kencur produksi hanjuang.

Beas Cikur SachetAnda pun dapat merasakan khasiatnya hanya dengan langkah mudah. Tinggal belanja online, lalu barang akan terkirim ke alamat Anda! Jika Anda rindu akan suguhan minuman ini, tapi kesibukan, aktivitas, dan lingkungan tidak memungkin Anda menyediakan waktu untuk mencari jamu gendong dan datang ke depot jamu, cara praktis dan mudah pesan online ini silakan dicoba.

Demikian informasi mengenai mengenai beras kencur ini. Setelah membaca informasi ini, Anda dapat mempraktekkan dan mengambil manfat darinya. Selamat menikmati beras kencur!

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar